Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

………….. Saya teringat ada sebuah ponsel Nokia berbasis Windows yang tak terpakai di rumah. Tapi, masalahnya hp itu tidak bisa pakai WhatsApp. Sementara, nomor kontak orang yang janjian lihat laptop itu di More »

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Dua hari lalu, tepatnya Rabu pagi, perupa Jeffrey Sumampouw mengirim pesan mesanger di aplikasi WhatsApp. Isinya mengajak saya menjadi salah satu narasumber diskusi tentang seni di *Marto Artcentre di Jalan Pondok Labu More »

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI diadakan di Kudus, Jawa Tengah, 28-30 Juni 2019. Kegiatan ini akan diramaikan oleh para penyair Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan lain-lain. Seperti More »

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Seorang kawan yang sedang berkuliah program doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memposting sebuah video di Instagram. Isinya: mengabarkan bahwa ia dan sejumlah kawan lain sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. Namanya More »

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Padangpanjang termasuk salah satu kota yang sangat aktif dalam bidang literasi dan seni. Ini memang bisa dipahami, karena di kota itu berdiri sebuah kampus seni, yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Saya More »

 

Agar Judul Posting Lewat #Share2Steem Tak Perlu Diedit

Belum lama, saya menulis tentang bagaimana kita menghubungkan media sosial lain ke Steemit. Sebelum berlanjut, saya ulang sedikit apa itu share2steem dan cara kerjanya. Share2steem adalah sebuah platform (aplikasi) yang menghubungkan media sosial seperti Instagram, Twitter dan Youtube ke Steemit. Jadi, bila kita posting di ketiga media sosial itu, maka posting di sana akan muncul juga di Steemit.

Tentu, kita harus punya akun Steemit dulu. Bagaimana cara bikin akun Steemit, silakan baca di tulisan ini: Panduan Singkat Bikin Akun Steemit. Ikuti dengan seksama langkah-langkah yang tulis di sana. Namun satu hal, bikin akun Steemit memerlukan persetujuan lumayan lama. Jadi sabar saja. Setelah disetujui, nanti akan dikirim link mengaktifkannya di email. Satu lagi: simpan pasword baik-baik dengan cara copy-paste ke note handphone atau laptop. Jangan hilang.

Setelah disetujui, mulailah untuk menghubungkan media sosial Anda (Instagram, Twitter, dan Youtube) dengan Steemit. Pertama, masuklah ke Share2Steem dengan mengklik link ini. Lalu ikuti saja perintahnya. Mudah kok. Kita sambung satu persatu. Misalnya, pertama, kita menyambung Instagram. Lalu klik Instagram, lalu akan menyambung dengan steemconnect, masukkan login dan pasword. Setelah itu diminta verifikasi akun, dengan mengganti sementara diskripsi di bio dengan kode yang dikasih Share2steem.

Jika masih bingung, coba nonton video berikut ini:

atau video ini:

Jangan lupa menaruh tagar #share2steem di bagian bawah postingan kita sebagai “kode” bahwa postingan kita “izinkan” ke Steemit. Tapi, ada satu persoalan yang selama ini “mengganjal”: judul postingan kita di Steemit (yang diposting dari Instagram, Twitter atau Youtube) aneh dan tidak lazim. Nah, untuk itu kita perlu mengedit judul itu di Steemit menjadi seperti kita inginkan. Tentu saja, ini jadi dua kali kerja: pertama, posting lewat twitter, Instagram, dan Youtube.

Belum lama ini, seorang blogger budaya, Iwan Kurniawan @blogiwank, mencoba-coba mengakali itu. Akhirnya ia pun menemukan cara paling praktis untuk membuat judul postingan di Instagram, Twitter dan Youtube agar ketika tampil di Steemit tidak aneh sehingga tak perlu diedit. Bagaimana caranya? Sabar. Begini: tulislah judul dalam kurung kotak, misalnya: [Anak Kucing di Dalam Karung].

Mudah kan. Jika mau membaca-baca blog Share2steem silakan masuk ke: @share2steem. Bisa juga bergabung di discord mereka yang tertera di bio steemit mereka.

TIM JKT, 13 Januari 2019
MUSTAFA ISMAIL | IG: MOESISMAIL | @MUSISMAIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *