Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Dua hari lalu, tepatnya Rabu pagi, perupa Jeffrey Sumampouw mengirim pesan mesanger di aplikasi WhatsApp. Isinya mengajak saya menjadi salah satu narasumber diskusi tentang seni di *Marto Artcentre di Jalan Pondok Labu More »

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI diadakan di Kudus, Jawa Tengah, 28-30 Juni 2019. Kegiatan ini akan diramaikan oleh para penyair Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan lain-lain. Seperti More »

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Seorang kawan yang sedang berkuliah program doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memposting sebuah video di Instagram. Isinya: mengabarkan bahwa ia dan sejumlah kawan lain sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. Namanya More »

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Padangpanjang termasuk salah satu kota yang sangat aktif dalam bidang literasi dan seni. Ini memang bisa dipahami, karena di kota itu berdiri sebuah kampus seni, yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Saya More »

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sungguh sulit dipercaya bahwa harga tiket Banda Aceh-Jakarta bisa dua kali lipat dari pada harga tiket Banda Aceh-Kuala Lumpur-Jakarta. Tapi faktanya memang demikian. Akibatnya orang-orang yang sering berpergian di Aceh ramai-ramai membuat More »

 

Antologi Puisi Kartini

Informasi ini saya dapatkan dari halaman facebook Kosakatakita. Tidak ada salahnya saya bagikan di sini. Ceritanya, KosaKataKia akan membuat buku puisi dari penyair perempuan. Direncanakan buku itu akan terbit pada 21 April 2012. Nah, penerbit itu mengundang para penyair perempuan dari seluruh Indonesia untuk mengirimkan karyanya. Persyaratan umumnaya: perempuan, segala usia, domisili di mana saja,  sudah membukukan puisinya (baik sendiri maupun antologi), dan masih produktif  dan konsisten menulis dalam kurun 3-5 tahun terakhir.

Para penyair dipersilakan mengirim sebanyak sepuluh puisi dengan panjang setiap puisi maksimal 40 baris. Soal tema, tentu saja mencerminkan/mengandung nilai-nilai dan semangat perempuan Indonesia masa kini. “Puisi harus karya terbaru, terbaik dan belum pernah dimuat dalam media apa pun,” tulis Adri Darmadji Woko, Gunoto Saparie, dan Kurniawan Junaedhie — yang tampaknya menjadi inisiator penerbitan antologi ini —  dalam pengumuman yang diposting pada 3 Januari 2012 itu.

Kirim ke mana? “Silakan kirim karya terbaik Anda, ke email: 1kosakatakita@gmail.com, subyek: RA KARTINI, paling lambat sudah harus diterima pada 1 Maret 2012.” Tolong catat sekali lagi tanggal batas akhir pengiriman ya: 1 Maret 2012!. Mereka juga mewanti-wanti, agar para penyair perempuan ketika mengirimkan puisi tidak lupa menyertakan biodata dan foto terbaru.

Puisi-puisi yang masuk akan diseleksi oleh tim editor atau kurator yang ditunjuk. Para penyair yang puisinya terpilih masuk buku tersebut akan mendapatkan bukti terbit sebanyak 2 (dua) eksemplar buku. Selain itu, ada satu hal lagi yang dipermaklumkan: tidak ada pungutan apa pun bagi keikutsertaan dalam antologi ini, termasuk bagi mereka yang puisinya terpilih. “Sebaliknya penyair yang karyanya dimuat tidak memperoleh honorarium/royalti.”

Nah, tunggu apa lagi. Ayo kirim ramai-ramai. Jika ada rekan-rekan penyair perempuan yang belum tahu, silakan disampaikan informasi ini. | M

 

 

 

UNDANGAN IKUT ANTOLOGI PUISI PEREMPUAN

DALAM rangka menyemarakkan Hari Kartini 2012, sembari menggalakkan Cinta Membaca dan Cinta Menulis Sastra khususnya di kalangan perempuan, KosaKataKita mengajak dan mengundang para penyair perempuan di seluruh Indonesia, untuk ikut bergabung dalam sebuah antologi puisi yang direncanakan terbit pada 21 April 2012 bertepatan dengan peringatan Hari Kartini 2012.

Persyaratan umum:
1. Perempuan, segala usia, domisili di mana saja
2. Sudah membukukan puisinya (baik sendiri maupun antologi)
3. Masih produktif dan konsisten menulis dalam kurun 3-5 tahun terakhir.

Persyaratan Khusus:
1. Para penyair dipersilakan mengirim sebanyak 10 (sepuluh) puisi
2. Panjang setiap puisi maksimal 40 baris.
3. Tema mencerminkan/ mengandung nilai-nilai dan semangat perempuan Indonesia masa kini
4. Puisi harus karya terbaru, terbaik dan harus tidak/ belum pernah dimuat dalam media apa pun.
5. Silakan kirim karya terbaik Anda, ke email: 1kosakatakita@gmail.com, subyek: RA KARTINI, paling lambat sudah harus diterima pada 1 MARET 2012. Jangan lupa, sertakan juga biodata dan foto terbaru Anda.

Lain2:

1. Puisi2 yang masuk akan diseleksi oleh tim editor/ kurator yang ditunjuk.
2. Para penyair yang karyanya terpilih/ dimuat dalam buku, akan mendapat nomor bukti sebanyak 2 (dua) eksemplar buku.
3. Tidak ada pungutan apa pun bagi keikutsertaan dalam antologi ini, termasuk bagi mereka yang puisinya terpilih. Sebaliknya penyair yang karyanya dimuat tidak memperoleh honorarium/ royalti.

Salam sastra!

Adri Darmadji Woko
Gunoto Saparie
Kurniawan Junaedhie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *