Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Festival Penulis Internasional di Makassar

Belum lama ini, sastrawan Lily Yulianti Farid mengirim undangan kepada para penulis lewat milis artculture-indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan Makassar International Writers Festival (MIWF). Acara itu digelar pada 13-17 Juni 2012 di Makassar dan diikuti oleh 12 penulis asing dari Australia, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Inggris dan Amerika Serikat.

Ada pula lima penulis Indonesia Timur yang dipilih tim kurator sebagai penerima fellowship Rumata dan puluhan penulis Makassar dan berbagai kota lainnya. Dewan kurator terdiri dari Aslan Abidin (koordinator), Luna Vidya, Shinta Febriany dan M. Aan Mansyur. Panitia membuka kesempatan bagi para penulis di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi dalam berbagai program dalam festival bertema “Visiting the Memories” ini.

Berikut undangan lengkap itu:

Undangan Berpartisipasi di Makassar International Writers Festival 13-17 Juni 2012

Rumah Budaya Rumata’ menghadirkan Makassar International Writers Festival (MIWF) tanggal 13-17 Juni 2012 di Makassar, yang diikuti oleh 12 penulis asing dari Australia, Hong Kong, Singapura, Malaysia, Inggris dan AS serta 5 penulis Indonesia Timur yang dipilih oleh tim kurator sebagai penerima fellowship Rumata’ dan puluhan penulis Makassar dan berbagai kota lainnya.

Saat ini tim kurator yang terdiri dari Aslan Abidin (koordinator), Luna Vidya, Shinta Febriany dan M. Aan Mansyur bersama Direktur MIWF Lily Yulianti Farid tengah mempersiapkan sejumlah program dan membuka kesempatan bagi teman-teman penulis di seluruh tanah air untuk berpartisipasi dalam berbagai program. Festival tahun ini memilih tema Visiting the Memories (Menjenguk Kenangan) dengan garis besar program sebagai berikut:

1. Pembacaan dan apresiasi karya sastra

Penulis berpartisipasi dalam pembacaan karya sastra di SMA dan universitas.

2. Lokakarya Penulisan

Penulis menggelar lokakarya penulisan bagi peserta MIWF 2012 dalam bentuk kelas berdurasi 1,5-2 jam. Genre yang diutamakan:

menulis fiksi, travelogue, resensi buku dan film, cerita anak.

3. Peluncuran Buku

Penulis mengadakan peluncuran dan promosi buku yang menjadi bagian dari program MIWF 2012.

4. Lokakarya Nyanyikan Puisimu!

Diperuntukkan bagi penyair yang hendak mendalami proses penciptaan musikalisasi puisi dan menyimak pencipta lagu/penggubah musik

mentransformasi puisi menjadi lagu. Lokakarya ini menghadirkan Fadly Padi, Omar Musa (Australia), Ari Malibu-Reda Gaudiamo.

5. Makassar Litweetrature

Panggung Sastra yang memanfaatkan media sosial Twitter sebagai platform utama untuk menjangkau sebanyak mungkin pecinta sastra. Makassar Litweetrature dikemas sebagai pertunjukan terbuka di panggung utama Fort Rotterdam selama tiga malam berturut-turut 14-16 Juni. Penulis dapat berpartisipasi dalam pembacaan karya, open mic competition dan berbagai aksi panggung lainnya.

KETENTUAN BERPARTISIPASI

1. Penulis yang berminat mengisi program MIWF 2012, mengajukan permohonan berpartisipasi selambatnya 30 April 2012dengan mencantumkan jenis kegiatan yang hendak diikuti ke email itaibnu@gmail.com dengan subyek email BERPARTISIPASI DALAM MIWF 2012

2. Panitia MIWF 2012 tidak menyediakan fasilitas transportasi dan akomodasi bagi penulis, namun tawaran homestay atau tinggal di rumah penduduk di Makassar dapat kami fasilitasi. Keterangan mengenai program homestay ini dapat diperoleh dengan berkirim email ke itaibnu@gmail.com

3. Panitia MIWF 2012 mempromosikan program dan menyiapkan seluruh kebutuhan tempat pelaksanaan program untuk lokakarya dan peluncuran buku.

4. Penulis yang menjadi pengisi program diikutkan dalam program lainnya dalam MIWF 2012, termasuk tur penulis, gala dinner, malam pembukaan dan penutupan.

5. Permohonan berpartisipasi yang diterima setelah 30 April tidak akan kami pertimbangkan menjadi pengisi program, namun penulis yang bersangkutan dapat hadir sebagai peserta festival.

Kunjungi situs web kami: www.rumata-artspace.org dan www.facebook.com/RumataArtspace www.twitter.com/RumataArtspace

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *