Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Jangan Asyik Mendukung Capres di Facebook

PEMILIH DI FACEBOOK | Pengguna Facebook di Indonesia naik dari 41 juta (2013) menjadi 48 juta (2014). Sebagian besar pengguna (41 perse) berumur 18-24 tahun. Nah, karena banyak anak-anak SD-SMA menggunakan facebook dengan cara memalsukan umurnya, saya memperkirakan pengguna facebook yang punya hak pilih tak lebih dari 20 juta. Bahkan mungkin juga 15 juta. Bagaimana hitungannya?

Sebuah riset pada 2012, jumlah pelajar di Indonesia adalah 58 juta orang. Sebagian terbesar yakni 50 juta adalah pelajar SD-SLTP dan 8 juta pelajar SLTA. Jika 50 persen saja dari pelajar itu menggunakan facebook, maka sudah dapat angka 29 juta. Jadi jika pengguna FB di Indonesia 48 juta lalu dikurangi jumlah pelajar yang menggakan FB (belum mempunyai hak pilih) sebanyak 29 juta, maka didapat angka 19 juta. Itulah angka pengguna facebook yang punya hak pilih.

Itu dengan asumsi hanya 50 persen pelajar Indonesia menggunakan facebook. Belum lagi ada satu orang mempunyai 2-3 akun. Maka, tampaknya pengguna Facebook yang punya hak pilih tak lebih dari 15 juta. Bahkan bisa jadi cuma 10 juta. Soalnya banyak pula orang tidak lagi di Facebook. Sementara angka pemilih di Indonesia (merujuk pileg 9 April 2014) adalah 186,8 juta orang. Jadi sebetulnya jumlah pengguna facebook yang memiliki hak pilih pada presiden nanti pada 9 Juli nanti tak sampai 10 persen dari total pemilih.

Lalu, apa artiya angka-angka itu? Saya hanya ingin mengatakan kepada pendukung capres: jangan asyik bermain di Facebook, apalagi sampai bertengkar pula. Mendingan pengaruhi tetangga-tetangga dan teman-teman Anda di luar Facebook untuk memilih jagoan Anda. Tunjukkan kelebihan-kelebihan calon yang Anda dukung. Biarlah “pasukan media sosial bayaran” kesepian — karena tidak ada yang menanggapi status dan postingan-postingannya.

Selamat melanjutkan hari Minggu. [MUSTAFA ISMAIL | STATUS FB MINGGU 22 JUNI 2014] *****

Sponsored By:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *