Penulis Sastra Mendadak Lucu di Malam Sastra Margonda

Penulis Sastra Mendadak Lucu di Malam Sastra Margonda

Bertajuk “Dongeng Tentang Kita”, Malam Sastra Margonda (MSM) yang diadakan oleh Komunitas Sastra Margonda untuk memperingati Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada 20 Maret 2020. Malam Sastra Margoda diadakan di Miebiee Pasta, More »

Merayakan Dongeng

Merayakan Dongeng

Merayakan Hari Dongeng Sedunia Ayo kita bertemu dan ngopi di #malamsastramargonda Sabtu, 14 Maret 2010 Pukul 19.00-22.30 di @miebiipasta_ Jalan Merpati 6 No 237 Pancoran Mas Depok More »

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda digagas oleh Mustafa Ismail, Tora Kundera dan Willy Ana. Acara ini diharapkan menjadi ruang bagi para pecinta seni dan sastra di Depok, terutama anak muda, untuk berekspresi sekaligus mengapresiasi More »

Merayakan Hujan dan Puisi

Merayakan Hujan dan Puisi

Hujan dan Puisi seperti Sapardi dan Bulan Juni. Mereka mengajak kita dalam bait-bait yang membungahkan hati. Nah, menyambut Februri, kita merayakan hujan dan puisi, sambil membaca puisi-puisi cinta karya sendiri, karya siapa More »

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

………….. Saya teringat ada sebuah ponsel Nokia berbasis Windows yang tak terpakai di rumah. Tapi, masalahnya hp itu tidak bisa pakai WhatsApp. Sementara, nomor kontak orang yang janjian lihat laptop itu di More »

 

Jangan Asyik Mendukung Capres di Facebook

PEMILIH DI FACEBOOK | Pengguna Facebook di Indonesia naik dari 41 juta (2013) menjadi 48 juta (2014). Sebagian besar pengguna (41 perse) berumur 18-24 tahun. Nah, karena banyak anak-anak SD-SMA menggunakan facebook dengan cara memalsukan umurnya, saya memperkirakan pengguna facebook yang punya hak pilih tak lebih dari 20 juta. Bahkan mungkin juga 15 juta. Bagaimana hitungannya?

Sebuah riset pada 2012, jumlah pelajar di Indonesia adalah 58 juta orang. Sebagian terbesar yakni 50 juta adalah pelajar SD-SLTP dan 8 juta pelajar SLTA. Jika 50 persen saja dari pelajar itu menggunakan facebook, maka sudah dapat angka 29 juta. Jadi jika pengguna FB di Indonesia 48 juta lalu dikurangi jumlah pelajar yang menggakan FB (belum mempunyai hak pilih) sebanyak 29 juta, maka didapat angka 19 juta. Itulah angka pengguna facebook yang punya hak pilih.

Itu dengan asumsi hanya 50 persen pelajar Indonesia menggunakan facebook. Belum lagi ada satu orang mempunyai 2-3 akun. Maka, tampaknya pengguna Facebook yang punya hak pilih tak lebih dari 15 juta. Bahkan bisa jadi cuma 10 juta. Soalnya banyak pula orang tidak lagi di Facebook. Sementara angka pemilih di Indonesia (merujuk pileg 9 April 2014) adalah 186,8 juta orang. Jadi sebetulnya jumlah pengguna facebook yang memiliki hak pilih pada presiden nanti pada 9 Juli nanti tak sampai 10 persen dari total pemilih.

Lalu, apa artiya angka-angka itu? Saya hanya ingin mengatakan kepada pendukung capres: jangan asyik bermain di Facebook, apalagi sampai bertengkar pula. Mendingan pengaruhi tetangga-tetangga dan teman-teman Anda di luar Facebook untuk memilih jagoan Anda. Tunjukkan kelebihan-kelebihan calon yang Anda dukung. Biarlah “pasukan media sosial bayaran” kesepian — karena tidak ada yang menanggapi status dan postingan-postingannya.

Selamat melanjutkan hari Minggu. [MUSTAFA ISMAIL | STATUS FB MINGGU 22 JUNI 2014] *****

Sponsored By:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *