Penulis Sastra Mendadak Lucu di Malam Sastra Margonda

Penulis Sastra Mendadak Lucu di Malam Sastra Margonda

Bertajuk “Dongeng Tentang Kita”, Malam Sastra Margonda (MSM) yang diadakan oleh Komunitas Sastra Margonda untuk memperingati Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada 20 Maret 2020. Malam Sastra Margoda diadakan di Miebiee Pasta, More »

Merayakan Dongeng

Merayakan Dongeng

Merayakan Hari Dongeng Sedunia Ayo kita bertemu dan ngopi di #malamsastramargonda Sabtu, 14 Maret 2010 Pukul 19.00-22.30 di @miebiipasta_ Jalan Merpati 6 No 237 Pancoran Mas Depok More »

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda digagas oleh Mustafa Ismail, Tora Kundera dan Willy Ana. Acara ini diharapkan menjadi ruang bagi para pecinta seni dan sastra di Depok, terutama anak muda, untuk berekspresi sekaligus mengapresiasi More »

Merayakan Hujan dan Puisi

Merayakan Hujan dan Puisi

Hujan dan Puisi seperti Sapardi dan Bulan Juni. Mereka mengajak kita dalam bait-bait yang membungahkan hati. Nah, menyambut Februri, kita merayakan hujan dan puisi, sambil membaca puisi-puisi cinta karya sendiri, karya siapa More »

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

………….. Saya teringat ada sebuah ponsel Nokia berbasis Windows yang tak terpakai di rumah. Tapi, masalahnya hp itu tidak bisa pakai WhatsApp. Sementara, nomor kontak orang yang janjian lihat laptop itu di More »

 

Jangan Sembarang Membeli Obat

Kini beredar info ada obat-obat tertentu, bahkan yang sesungguhnya multivitamin dan suplemen, bisa mencegah atau menangkal penyakit tertentu. Ini bukan hanya menyesatkan dan mengacaukan persepsi masyarakat, juga membuat kondisi menjadi tidak terkendali. Seolah banyak pilihan untuk dipertimbangkan, tapi sesungguhnya itu justru membuat orang makin bingung dan panik. Dalam heboh penyakit corona seperti sekarang, misalnya.

Tadi pagi menjelang siang, saya menemukan sebuah flyer di Puskesmas Pondok Petir, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, yang seperti menjawab “uneg-uneg” saya selama ini. Poster itu mendorong masyarakat untuk tahu (dan bertanya) tentang obat yang akan didapatkannya dari apotik maupun dari fasilitas kesehatan.

Dibingkai dalam judul “Tanya Lima O”, yang harus ditanyakan adalah: Pertama, obat ini apa nama dan kandungannya? Kedua, obat ini apa khasiatnya? Ketiga, obat ini berapa dosisnya. Keempat, obat ini bagaimana cara menggunakannya. Kelima, obat ini apa efek sampingnya.

Benar, sebelum memutuskan membeli tanyalah lebih detil kandungan obat itu, khasiat plus efek sampingnya. Perusahaan farnasi juga memiliki website, masuklah ke sana dan lihat detil kandungan obat itu. Lalu, gali satu persatu penjelasan unsur-unsur yang terkandung dalam obat. Jangan mudah percaya informasi yang berseliweran yang terkadang bernuansa “promo” suatu obat

Ada kalanya, suatu obat memang benar mengandung khasiat seperti kita inginkan. Tapi belum tentu cocok dengan tubuh kita. Misalnya, jika kita punya penyakit tertentu yang lain, boleh jadi obat itu akan kontradiktif. Maka itu langkah terbaik adalah periksa diri ke dokter, ceritakan semua penyakit yang pernah atau masing kita alami agar dokter bisa menimbang dalam pemberian obat.

#obat #medicine #waspadacorona #coronavirus #corona #depokfriendlycity #health #depok #dinkesdepok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *