Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Dua hari lalu, tepatnya Rabu pagi, perupa Jeffrey Sumampouw mengirim pesan mesanger di aplikasi WhatsApp. Isinya mengajak saya menjadi salah satu narasumber diskusi tentang seni di *Marto Artcentre di Jalan Pondok Labu More »

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI diadakan di Kudus, Jawa Tengah, 28-30 Juni 2019. Kegiatan ini akan diramaikan oleh para penyair Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan lain-lain. Seperti More »

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Seorang kawan yang sedang berkuliah program doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memposting sebuah video di Instagram. Isinya: mengabarkan bahwa ia dan sejumlah kawan lain sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. Namanya More »

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Padangpanjang termasuk salah satu kota yang sangat aktif dalam bidang literasi dan seni. Ini memang bisa dipahami, karena di kota itu berdiri sebuah kampus seni, yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Saya More »

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sungguh sulit dipercaya bahwa harga tiket Banda Aceh-Jakarta bisa dua kali lipat dari pada harga tiket Banda Aceh-Kuala Lumpur-Jakarta. Tapi faktanya memang demikian. Akibatnya orang-orang yang sering berpergian di Aceh ramai-ramai membuat More »

 

Kabar Gembira, Nilai Steem Bergerak Naik

Beberapa jam lalu, saya membuka sebuah aplikasi yang terhubung Steemit, steemnow.com/@akunsaya. Di sebelah kanan atas, tertera harga Steem terkini yakni $0.34. Lalu, saya membuka situs coingecko.com, dan menemukan harga Steem terkini 0.384 (posisi pukul 16.30). Dari gratik yang tertera di sana, kecenderungannya terus naik. Pekan lalu, tepatnya Sabtu lalu, nilai Steem masih pada angka $ 0.25. Jadi naiknya lumayan.

Ini menarik. Soalnya, kali ini harga Steem seperti “melawan” harga Bitcoin. Harga Bitcoin kini berada di angka $3.616 (poisi pukul 16.30, 19 Januari 2019). Justru, nilai Bitcoin turun 0,4 persen dalam sepekan terakhir. Biasanya, sepengamatan saya, rata-rata uang kripto itu mengekor Bitcoin. Jika Bitcoin naik, mereka akan naik. Jika Bitcoin turun, maka uang kripto lain ramai-ramai turun. Tapi kali ini, sejumlah uang kripto (tidak hanya Steem), justru naik.

Karena bukan ahli cryptocurrency, saya tidak bisa menjelaskan tentang fenomena ini. Yang saya bisa jelaskan — seperti saya dengar dari beberapa kawan — Steem punya keunggulan berbeda dibandingkan uang kripto lainnya. Steem mempunyai aset yang terus tumbuh yakni Steemit. Meskipun penggunanya jauh menurun sebagai dampak turunya harga Steem. Steemit menjadi semacam “garansi” bagi uang kripto Steem dan Steem Dollar (SBD).

Nah, kebanyakan uang kripto lain tidak punya projeck, salah satunya Bitcoin. Mereka benar-benar mengandalkan “pasar” dan “kepercayaan” publik terhadap mereka. Adapun Steem dan SBD, juga beberapa uang kripto lain punya banyak project yang mereka garap. Sehingga mereka tidak hanya bergantung pada pasar, yang sering sulit diprediksi. Mereka punya “barang” yang menjadi penguat posisi mereka.

Kekuatan lain, Steem lewat Steemit membuka diri untuk berbagai kreativitas para kreator aplikasi. Sehingga kini begitu banyak aplikasi yang terhubung dengan Steemit, mulai dari esteem, busy, steempress, hingga share2steem. Bertolak dari itu, saya memprediksi Steem akan menjadi salah satu uang kripto yang diperhitungkan. Tentu saja semua itu butuh waktu. Turunnya nilai Steem dan SBD adalah fenomena biasa dalam dunia Cryptocurrency.

Sejumlah analis memprediksi bahwa nilai uang kripto akan bangkit kembali sejak Januari ini. Maka itu, saya pun menganjurkan kepada beberapa kawan untuk membeli Steem. Mengapa Steem? Pertama, kita bisa mendapatkan selisih jika nanti nilainya naik. Kedua, Steem bisa dijadikan modal untuk bermain Steemit dengan menginvestasikannya menjadi Steem Power. Ketiga, Steem juga bisa digunakan untuk modal melipat-gandakan Steem lewat Steemit. Soal ini nanti saya bahas.

Berapa nanti nilai rasional Steem? Nah, ini masih harus kita tunggu.

DEPOK, 19 JANUARI 2019
MUSTAFA ISMAIL | IG: MOESISMAIL | @MUSISMAIL

>FOTO UTAMA:
>investinblockchain.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *