Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Seorang kawan yang sedang berkuliah program doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memposting sebuah video di Instagram. Isinya: mengabarkan bahwa ia dan sejumlah kawan lain sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. Namanya More »

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Padangpanjang termasuk salah satu kota yang sangat aktif dalam bidang literasi dan seni. Ini memang bisa dipahami, karena di kota itu berdiri sebuah kampus seni, yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Saya More »

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sungguh sulit dipercaya bahwa harga tiket Banda Aceh-Jakarta bisa dua kali lipat dari pada harga tiket Banda Aceh-Kuala Lumpur-Jakarta. Tapi faktanya memang demikian. Akibatnya orang-orang yang sering berpergian di Aceh ramai-ramai membuat More »

Pesta Sastra Akhir Tahun, Banjarbaru dan Bintan

Pesta Sastra Akhir Tahun, Banjarbaru dan Bintan

Ada dua festival sastra yang diadakan pada waktu bersamaan pada akhir November hingga awal Desember 2018. Kegiatan pertama diadakan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dengan nama Banjarbaru Rainy Days Literary Festival. Ini festival More »

Festival Sastra Bengkulu dan Gelora Sastra Bumi Raflesia

Festival Sastra Bengkulu dan Gelora Sastra Bumi Raflesia

>Festival Sastra Bengkulu (FSB) 2018 di Bengkulu 13-15 Juli 2018 telah usai. Acara itu melibatkan sekitar 100 sastrawan dari berbagai daerah di Indonesia dan negara tetangga. Acara yang didukung penuh sekaligus difasilitasi More »

 

Kisah Lelaki dari Gampong Usi

Ia dikenal sebagai penyair dan seniman teater. Awalnya ia menulis puisi, cerpen, esai, hingga naskah drama. Saat itu, pada awal 1990, ia kuliah di jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Dalam waktu bersamaan, ia juga membentuk sanggar seni (sastra dan teater) di kampusnya. Dari sanggat bernama Cempala Karya itu banyak bermunculan pegiat sastra yang karyanya kerap menghiasi koran.

Bagi seniman Aceh, namanya sangat akrab. Begitu pula bagi dunia seni Sumatera Barat, namanya tak asing. Sulaiman Juned memang bergiat sebagai sebagai kreator dan penggeran seni di dua provinsi itu. Ia memulainya di Aceh, lalu meneruskannya di Padangpanjang, Sumatera Barat. Awalnya ia kuliah bidang teater di Akademi Seni Karawitan Indonesia pada 1997. “Awalnya saya bertemu Pak Mursal Esten di acara Temu Teater Indonesia di Pekanbaru. Pak Mursal mengajak saya mengajar teater di ASKI,” ujar lelaki kelahiran Desa Usi Dayah, Beureunuen, Pidie, 12 Mei 1965, ini.

Tiba di Padangpanjang, ia justru mendaftar menjadi mahasiswa jurusan teater. Setahun kemudian, ia baru mulai mengajar. Dalam perjalanan karirnya di sana, ia lalu melanjutkan kuliah hingga meraih gelar doktor bidang teater beberapa tahun lalu. Ia pun menjadi sangat sibuk, apalagi kemudian ia menjadi pejabat di kampus itu sebagai Kepala Humas. Tapi bukan berarti denyut menggerakkan kegiatan kesenian tersendat. Justru tetap berjalan seperti biasa.

Lewat Komunitas Kuflet yang didirikan bersama sejumlah tokoh seni, termasuk Mursal Esten, ia terus menghidupkan kegiatan seni. Di rumah kontrakannya di dekat kampus ISI, yang menjadi sekretariat Kuflet, tiap hari anak muda berkumpul di sana — untuk diskusi, latihan seni, belajar menulis, atau ngobrol ringan. Rumah di tepi sawah itu juga sekaligus menjadi online budaya kuflet.com. Tapi sementara situs kuflet sedang nonaktif karena ada hal teknis.

Saya beberapa kali ke rumah itu. Tentu saja dalam rangka acara seni dan menulis. Begitu pula kali ini. Saya hadir di sana untuk mengisi sebuah workshop di ISI Padangpanjang. Saya tetap menemujan Bang Soel — begitu saya biasa menyapa — seperti dulu: hangat, akrab, menganyomi terhadap anak-anak muda, dan kebapakan bagi mahasiswa-mahasiswanya. Mahasiswa memanggilnya “aduen” — abang dalam Bahasa Aceh, bukan panggilan formal “bapak” atau “pak”. Ia seperti tak ada jarak dengan mahasiswanya. Bahkan mereka keluar-masuk di rumahnya seperti rumah mereka sendiri.


>Penyair Sulaiman Juned dan isterinya Kak Titin.

Isterinya, Kak Titin Iswanti, pun menjadi “ibu” bagi mahasiswa Bang Soel dan anggota sanggar Kuflet. Sebagai ibu, tentu saja harus selalu siap dengan makanan ketika jam makan dan kopi Aceh dan penganan kecil ketika mereka sedang berkumpul, diskusi, latihan, atau sekedar “pulang” ke rumah itu. Siapa pun yang datang ke Kuflet, akan merasa tempat itu seperti rumah mereka sendiri.

Saya pernah menulis tentang Bang Soel dan rumah itu, yang pernah dimuat di sebuah media. Puisi berjudul “Dari Didong Hingga Saluang”. Puisi itu sebagai berikut:

>
>DARI DIDONG HINGGA SALUANG
>
>di sepanjang jalan, kau membentangkan hijau hutan, suara azan dari surau yang menyusul syair puji-pujian dari diniyyah putri, cahaya bermekaran di kegelapan
>
>menyala dari rumah-rumah gadang, di setiap tikungan, ditingkahi bansi, saluang, gendang tabuik, hingga serunai kita memanjatkan doa, katamu, kepada Tuhan Yang Satu
>
>aku berdiri di belakang rumahmu, sambil membayangkan: puisi seperti kembang api yang meledak di kabut gunung menggantikan kokok ayam di kampung-kampung
>
>pagi itu, aku menghadap ke Gunung Tandikek: melihat seorang petarung mendaki dengan kaki telanjang
>“aku adalah pijar-pijar lava di gunung api,” katanya.
>
>setiap sore, kau membentangkan almanak dan menandai satu persatu angkanya ini adalah jalan kesunyian, katamu, hanya kekal di kegelapan
>
>kita sempat bercakap sambil bermain bola di pagi buta tentang pohon-pohon kopi yang tumbuh di rambutmu mengekalkan syair didong, pmtoh, hingga seudati

>terkadang di ujung malam, kau berdendang mirip seorang pertapa yang merintihkan pepongoten di bebesan
>tapi kadang mirip syeh seudati dari kampung usi
>seperti laron, beranda selalu penuh coretan, koran-koran tua, juga huruf-huruf yang bergerombol, bermain petak-umpet dan menggigil di jendela

>“kami adalah jalan berliku di Lubuak Aluang hingga
>Lembah Anai dan Gua Batu Batirai,” katamu.
>“Kau adalah perantau yang sekuat bakau.”
>
>di kampung jambak, aku selalu melihat didong dan seudati
>dimainkan dalam iringan bansi dan saluang, dan kau menjadi teungku yang dipanggil engku!
>
>Depok, Maret 2018
>

Selain itu, masih ada beberapa puisi lain yang saya tulis untuk memotret sosok lelaki sederhana ini. Kami memang bersahabat baik, seperti adik dengan abang, sejak kami masih gemar jalan kaki dan makan mie instan saat-saat mahasiswa sekaligus berkesenian pada awal hingga pertengahan 1990-an di Banda Aceh. Satu hal yang tidak pernah terlupa, katanya, “Ketika kami diusir pemilik kos Mus di Lampaseh Kota.” Ya, pada suatu malam, karena kami bersama teman-teman seniman dan mahasiswa lainnya, ngobrol hingga tengah malam di balkon tempat kos saya, kami dimarahi dan disuruh pergi. Kami dianggap membuat gaduh.*

Perjalanan Padangpanjang-Padang,
30 Juni 2018
MUSTAFA ISMAIL
musismail.com
@musismail

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *