Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform cetak. Kami akan terus bekerja melengkapi transisi menuju format digital sepenuhnya sampai akhir tahun ini,” tulis redaksi KTM dalam surat pamitnya di koran itu di edisi Sabtu, 30 April 2016.

Apakah ini bagian dari senjakala media cetak? Hmmm…

Berikut lengkapnya tulisan pamit itu….

Pembaca yang budiman,
KORAN TEMPO Makassar (KTM) edisi hari ini menandai perjalanan penting media ini: kami melangkah memasuki era digital. Ya, koran yang sedang Anda baca ini bolehlah menjadi koleksi berharga Anda, sebab mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform cetak. Kami akan terus bekerja melengkapi transisi menuju format digital sepenuhnya sampai akhir tahun ini.
Dengan begitu, KTM ini tak akan sehari pun meninggalkan Anda. Kepercayaan yang sudah Anda berikan sejak KTM terbit pada 28 November 2009 di Makassar terlalu mahal untuk kami sia-siakan. Mulai 2 Mei 2016 Anda bisa mengakses kami di www.korantempo.co.
Kami masih akan memberikan tambahan benefit bila Anda mengirimkan identitas Anda (nama, alamat dan alamat email) ke alamat kami: cs@tempo.co.id. Benefit itu, antara lain, kami akan memberikan akses gratis dalam masa promosi untuk mengakses koran ini melalui smartphone atau perangkat mobile Anda. Bagi Anda yang mengirimkan data diri, Anda berkesempatan memperluas langganan produk unggulan kami yang lain, misalnya Majalah Tempo, buku, hasil riset.
Keputusan go fully digital ini bukanlah keputusan mendadak. Kami melihat tren berkembangnya pengguna digital yang tumbuh pesat. Pada saat yang sama, jumlah pembaca media cetak justru semakin berkurang. Hampir semua media cetak di Indonesia saat ini bekerja dalam kondisi rugi dalam penerimaan sirkulasi dan bertahan hidup dari pendapatan iklan. Sementara itu, pendapatan iklan media cetak pun tahun-tahun belakangan ini juga berkurang karena pemasang iklan mulai beralih ke media digital.
Ibarat katak yang semula nyaman berada di tungku berisi air hangat yang terus dinaikkan suhunya, kami akhirnya berhasil melompat ke luar, sebelum suhu panas melumpuhkan semua kemampuan kami.
Bersama PT Bosowa Media Utama — mitra kerja kami sejak 2014 — kami berharap pembaca, pemasang iklan, rekanan bisnis yang lain, akan tetap mendukung langkah kami ini. Penyebaran berita dan informasi, termasuk materi iklan dan promosi, melalui media digital merupakan tren yang semakin dominan di belahan dunia manapun.
Menjadi media digital bagi KTM otomatis berarti jangkauan sasaran pembaca dan pengiklan tak lagi terbatas pada Makassar dan sekitarnya. KTM menjangkau pembaca di seluruh Sulawesi Selatan, seluruh Indonesia, bahkan tanpa batas wilayah geografis kami. Tapi, dengan wartawan yang telah teruji, kami terus mencoba menjadi pelapor berita yang handal untuk Sulawesi Selatan dan kawasan Indonesia Timur lainnya.
Kami tidak pamit meninggalkan Anda. Kami hanya memberitahu Anda bahwa kami hanya pindah “kanal” ke sebelah. Temui kami di sana.
Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *