Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Maaf, Saya Unfriend Anda Sementara

MAAF | Teman-teman, mohon maaf, Anda yang suka memposting sesuatu yang brutal, apalagi #rusaknalar, akan saya unfollow atau unfriend dulu ya. Soalnya postingan semacam itu tidak baik bagi kesehatan. Nanti sehabis Pilpres 9 Juli kita berteman lagi. Sekali lagi, ini bukan untuk memutus silaturahmi dan juga bukan tidak menghargai perbedaan. Ini semata-mata soal cara menyampaikan sesuatu yang, menurut saya, menganggu.

Saya bisa memahami bahwa sebagian dari Anda adalah politisi atau menjadi tim sukses dan pendukung fanatik. Bahkan mungkin sebagian dari Anda ada yang “mendapat penghasilan” dari hiruk pikuk ini, entah sebagai buzzer, pengumpan isu, pembuat selebaran gelap, atau apa pun. Itu pilihan Anda. Tapi, ketika postingan Anda yang brutal dan #rusaknalar itu berseliweran di sekitar saya, apalagi berbau fitnah, tentulah saya sangat merasa terganggu.

Harap maklum, saya hanya meng-unfriend teman yang posting-postingnya brutal. Teman yang menyampaikan sesuatu dengan cara yang wajar, memberi penilaian yang masuk akal, tidak mencari-cari kesalahan, tidak menjelek-menjelek-jelekkan apalagi memfitnah orang, tetap menjadi teman, Kita boleh berbeda pilihan tapi mari saling menghormati pilihan itu dengan cara menyampaikan sesuatu yang tidak menganggu atau tidak mencerca pihak lain.

Sekali lagi maafkan saya atas cara yang saya tempuh ini. Tapi, sekali lagi pula: kita tetap kawan, tetap bersahabat, Kita bisa saling meng-add lagi sehabis Pilpres nanti. Sampai ketemu setelah 9 Juli. Selamat pagi…

STATUS FACEBOOK 10 JUNI 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *