Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Dua hari lalu, tepatnya Rabu pagi, perupa Jeffrey Sumampouw mengirim pesan mesanger di aplikasi WhatsApp. Isinya mengajak saya menjadi salah satu narasumber diskusi tentang seni di *Marto Artcentre di Jalan Pondok Labu More »

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI diadakan di Kudus, Jawa Tengah, 28-30 Juni 2019. Kegiatan ini akan diramaikan oleh para penyair Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan lain-lain. Seperti More »

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Seorang kawan yang sedang berkuliah program doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memposting sebuah video di Instagram. Isinya: mengabarkan bahwa ia dan sejumlah kawan lain sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. Namanya More »

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Padangpanjang termasuk salah satu kota yang sangat aktif dalam bidang literasi dan seni. Ini memang bisa dipahami, karena di kota itu berdiri sebuah kampus seni, yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Saya More »

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sungguh sulit dipercaya bahwa harga tiket Banda Aceh-Jakarta bisa dua kali lipat dari pada harga tiket Banda Aceh-Kuala Lumpur-Jakarta. Tapi faktanya memang demikian. Akibatnya orang-orang yang sering berpergian di Aceh ramai-ramai membuat More »

 

Medy Loekito Jadi Ketua KSI

KSI (Komunitas Sastra Indonesia) resmi memiliki ketua baru. Hasil sidang formatur kongres KSI yang digelar di Wisma Argamulya, Puncak, Bogor, Jawa Barat, memilih penyair Medy Loekito sebagai ketua umum KSI periode 2012-2015. Medy menggantikan Ahmadun Yosi Herfanda yang memimpin KSI sejak 2008.

Formatur yang terdiri dari 11 orang itu (enam wakil dari cabang-cabang KSI dan lima dari unsur dewan pendiri) juga memilih Bambang Widiatmoko sebagai sekretaris dan Iwan Gunadi sebagai bendahara. “Formatur mengamanatkan agar pengurus lengkap KSI disusun malam ini,” ujar Idris Pasaribu, sastrawan asal Sumatera Utara, juru bicara tim formatur, ketika mengumumkan kepemimpinan organisasi itu, Sabtu malam (24/3/2012).

Tim formatur beranggotakan, antara lain Ahmadun Yosi Herfanda, Idris Pasaribu, Habiburahman El-Shirazy, Medy Loekito, Iwan Gunadi, Wig SM, Arsyad Indradi, Mahdi Duri dan Ayid Suyitno PS. Dan rupanya tidak mudah untuk menentukan para pemimpin KSI itu. “Pada nolak jadi ketua,” kata seorang anggota tim formatur. Itu pula yang membuat tim formatur bersidang hingga hampir satu jam.

Ini kongres kedua yang diadakan KSI. Kongres pertama diadakan di Kudus pada 2008 yang kemudian memilih Ahmadun. Seperti halnya kongres pertama, kongres kali ini juga diwarnai dengan sejumlah kegiatan.

Baca puisi menampilkan para penyair seperti Sosiawan Leak, Fatin Hamama, Rukmi Wisnu Wardhani, Mustafa Ismail, Sihar Ramses Simatupang, Habiburahman El-Shirazy, Anwar Putra Bayu, Chavcay Syaefullah, Jumari HS, dan lain-lain. Orasi sastra disampaikan oleh Abdul Hadi WM.

Ada pun seminar diisi leh para pembicara seperti Prof. Dr. Abdul Hadi WM, Dr. Nursamad Kamba, Dr. Sudaryono (Dimas Arika Miharja), Dr. Wahyu Wibowo, Eka Budianta, dan Dr. Mujizah. Ada pula Stefan Danerek dari Universitas Lund, Swedia.

Acara ditutup dengan api unggun sastra Sabtu malam. Acara itu diisi dengan peluncuran buku, baca puisi, dan musikalisasi puisi oleh Sarang Matahari Penggiat Sastra pimpinan H. Shobir Pur dari Tangerang Selatan. Kegiatan yang ditemani bandrek susu, jagung rebus dan bakar itu membuat suasana dingin Puncak menjadi terasa hangat. [M]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *