Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Medy Loekito Jadi Ketua KSI

KSI (Komunitas Sastra Indonesia) resmi memiliki ketua baru. Hasil sidang formatur kongres KSI yang digelar di Wisma Argamulya, Puncak, Bogor, Jawa Barat, memilih penyair Medy Loekito sebagai ketua umum KSI periode 2012-2015. Medy menggantikan Ahmadun Yosi Herfanda yang memimpin KSI sejak 2008.

Formatur yang terdiri dari 11 orang itu (enam wakil dari cabang-cabang KSI dan lima dari unsur dewan pendiri) juga memilih Bambang Widiatmoko sebagai sekretaris dan Iwan Gunadi sebagai bendahara. “Formatur mengamanatkan agar pengurus lengkap KSI disusun malam ini,” ujar Idris Pasaribu, sastrawan asal Sumatera Utara, juru bicara tim formatur, ketika mengumumkan kepemimpinan organisasi itu, Sabtu malam (24/3/2012).

Tim formatur beranggotakan, antara lain Ahmadun Yosi Herfanda, Idris Pasaribu, Habiburahman El-Shirazy, Medy Loekito, Iwan Gunadi, Wig SM, Arsyad Indradi, Mahdi Duri dan Ayid Suyitno PS. Dan rupanya tidak mudah untuk menentukan para pemimpin KSI itu. “Pada nolak jadi ketua,” kata seorang anggota tim formatur. Itu pula yang membuat tim formatur bersidang hingga hampir satu jam.

Ini kongres kedua yang diadakan KSI. Kongres pertama diadakan di Kudus pada 2008 yang kemudian memilih Ahmadun. Seperti halnya kongres pertama, kongres kali ini juga diwarnai dengan sejumlah kegiatan.

Baca puisi menampilkan para penyair seperti Sosiawan Leak, Fatin Hamama, Rukmi Wisnu Wardhani, Mustafa Ismail, Sihar Ramses Simatupang, Habiburahman El-Shirazy, Anwar Putra Bayu, Chavcay Syaefullah, Jumari HS, dan lain-lain. Orasi sastra disampaikan oleh Abdul Hadi WM.

Ada pun seminar diisi leh para pembicara seperti Prof. Dr. Abdul Hadi WM, Dr. Nursamad Kamba, Dr. Sudaryono (Dimas Arika Miharja), Dr. Wahyu Wibowo, Eka Budianta, dan Dr. Mujizah. Ada pula Stefan Danerek dari Universitas Lund, Swedia.

Acara ditutup dengan api unggun sastra Sabtu malam. Acara itu diisi dengan peluncuran buku, baca puisi, dan musikalisasi puisi oleh Sarang Matahari Penggiat Sastra pimpinan H. Shobir Pur dari Tangerang Selatan. Kegiatan yang ditemani bandrek susu, jagung rebus dan bakar itu membuat suasana dingin Puncak menjadi terasa hangat. [M]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *