Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda digagas oleh Mustafa Ismail, Tora Kundera dan Willy Ana. Acara ini diharapkan menjadi ruang bagi para pecinta seni dan sastra di Depok, terutama anak muda, untuk berekspresi sekaligus mengapresiasi More »

Merayakan Hujan dan Puisi

Merayakan Hujan dan Puisi

Hujan dan Puisi seperti Sapardi dan Bulan Juni. Mereka mengajak kita dalam bait-bait yang membungahkan hati. Nah, menyambut Februri, kita merayakan hujan dan puisi, sambil membaca puisi-puisi cinta karya sendiri, karya siapa More »

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

………….. Saya teringat ada sebuah ponsel Nokia berbasis Windows yang tak terpakai di rumah. Tapi, masalahnya hp itu tidak bisa pakai WhatsApp. Sementara, nomor kontak orang yang janjian lihat laptop itu di More »

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Dua hari lalu, tepatnya Rabu pagi, perupa Jeffrey Sumampouw mengirim pesan mesanger di aplikasi WhatsApp. Isinya mengajak saya menjadi salah satu narasumber diskusi tentang seni di *Marto Artcentre di Jalan Pondok Labu More »

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI diadakan di Kudus, Jawa Tengah, 28-30 Juni 2019. Kegiatan ini akan diramaikan oleh para penyair Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan lain-lain. Seperti More »

 

Menerbitkan Buku itu Mudah

Diawali dengan mengumpulkan naskah, menyusunnya, melakukam proses layout, bikin cover, hingga mencetak sesuai pesanan/ kebutuhan (POD). Bisa pula diterbitkan sebagai ebook. Lalu bagaimana dengan ISBN? Nah, untuk ini ada dua cara. Pertama, jika kita punya lembaga/perusahaan bisa mendaftarkan sendiri di Perpustakaan Nasional dengan melampirkan akte notaris lembaga/perusahaan.

Namun jika tak punya, kita bisa mencari jasa penerbitan indie. Ada banyak penerbit indie di Indonesia. Misalnya, @imajihouse yang dikelola oleh, antara lain, penyair @puisiwilly. Nah, Imaji kerap bekerjasama dengan @layermerah untuk bikin cover dan @firameutia untuk layout.

Berapa biaya sekali terbit buku? Tergantung oplah buku alias jumlah cetaknya. Makin banyak jumlah buku yang dicetak, tentu makin murah. Kenapa begitu? Memang begitu sistem penghitungan cetak buku. Soal ini lain kali kita bahas. Intinya dengan uang Rp 2.5 juta Anda bisa bikin buku!

Depok, 23012020
SUMBER: IG @layermerah

#menerbitkanbuku #menerbitkanbukusendiri #penerbitan #penerbitanindie
#layoutbuku #jasalayout #jasalayoutbuku #coverbuku #jasacover #jasacoverbuku #jasacoverbukumurah #jasalayoutbukumurah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *