Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Mengubah Status Facebook Jadi Duit

Dalam pertemuan #ngopiblogger di Pamulang kemarin, Sabtu, 2 April 2016, ada beberapa hal yang saya sampaikan. Itu agar status facebook atau kultwit kita di Twitter, entah itu puisi, cerpen, esai, informasi acara/kegiatan, atau tulisan yang merespon persoalan hangat dalam masyarakat, atau sekedar uneg-uneg, tidak tenggelam begitu saja dan sulit dicari orang di google.




Padahal terkadang posting di status dan kultwit itu penting untuk diketahui orang, sekarang maupun nanti. Apalagi status-status panjang, yang dikerjakan dengan serius sehingga memakai referensi dan catatan kaki. Sayang sekali jika hanya teronggok di Facebook dan twitter, tidak bisa diakses dengan mudah lewat mesin pencari.

Dalam dunia sastra, misalnya, pembaca atau pengamat sastra, akan sulit mencari puisi-puisi atau cerpen yang diposting di Facebook jika postingan itu sudah lama. Kita harus mencarinya secara manual. Betapa repotnya. Sebab, sulit disearch lewat mesin pencari. Lalu, bagaimana solusinya?

Kode Promo Uber

Solusinya, mari ngeblog! Kita bisa bikin blog pribadi, secara gratis maupun berbayar. Tulisan di Facebook atau kultwit tinggal kita copy-pasti ke blog kita masing-masing. Jadi kita membuat kopian status Facebook atau kultwit kita itu di blog. Sehingga mudah dicari lewat google, bisa dishare lagi ke berbagai medium lain, pada gilirannya pembacanya makin banyak dan abadi. Selama blog itu ada, selama itu pula tulisan kita bisa dicari dan dibaca.

Keuntungan lain, dengan sering ngeblog dan banyak orang mengunjungi blog kita atau membaca, kita juga bisa meraih “recehan” dari iklan adsense. Meski itu recehan, tapi jika dikerjakan sungguh-sungguh, hasilnya bisa lumayan. Setidaknya, cukuplah untuk mengganti bayar domain dan hosting blog kita. Dari pada tulisan kita hanya teronggok di Facebook atau twitter dan tidak menghasilkan apa-apa.




Ssst, tapi ada lho bloger yang bisa menghasilkan Rp 1 miliar dari adsense. Tak percaya, coba cari di google dengan kata kunci “Adryan Fitra raih 1 Miliar dari Adsense”. Adryan ini anak muda kelahiran 1985 dan pernah jadi tim kampanye digital Obama dan Jokowi. Tapi, kita tidak perlu menengadah terlalu tinggi. Mari ngeblog untuk asyik-asyik saja dulu. Bahwa nanti ada hasil, anggap saja itu bonus.

Kemarin, saya tidak hanya mengajak ngeblog secara personal, tapi juga menciptakan blog-blog komunitas. Mengapa? Blog yang diisi oleh banyak orang sehingga lebih cepat berkembang. Updating postingannya pasti terjaga. Pasti ada saja yang posting tulisan tiap hari. Lihat misalnya, Kompasiana, blogdetik, indonesiana.tempo, dan lain-lain. Open blog seperti itu luar biasa perkembangannya.

Berangkat dari sana, saya mengajak teman-teman untuk membuat open blog sendiri. Saya sendiri sudah membikin beberapa open blog alias blog komunitas, salah satunya ruangsastra.com.

MUSTAFA ISMAIL, founder infosastra.com dan ruangsastra.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *