Penulis Sastra Mendadak Lucu di Malam Sastra Margonda

Penulis Sastra Mendadak Lucu di Malam Sastra Margonda

Bertajuk “Dongeng Tentang Kita”, Malam Sastra Margonda (MSM) yang diadakan oleh Komunitas Sastra Margonda untuk memperingati Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada 20 Maret 2020. Malam Sastra Margoda diadakan di Miebiee Pasta, More »

Merayakan Dongeng

Merayakan Dongeng

Merayakan Hari Dongeng Sedunia Ayo kita bertemu dan ngopi di #malamsastramargonda Sabtu, 14 Maret 2010 Pukul 19.00-22.30 di @miebiipasta_ Jalan Merpati 6 No 237 Pancoran Mas Depok More »

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda digagas oleh Mustafa Ismail, Tora Kundera dan Willy Ana. Acara ini diharapkan menjadi ruang bagi para pecinta seni dan sastra di Depok, terutama anak muda, untuk berekspresi sekaligus mengapresiasi More »

Merayakan Hujan dan Puisi

Merayakan Hujan dan Puisi

Hujan dan Puisi seperti Sapardi dan Bulan Juni. Mereka mengajak kita dalam bait-bait yang membungahkan hati. Nah, menyambut Februri, kita merayakan hujan dan puisi, sambil membaca puisi-puisi cinta karya sendiri, karya siapa More »

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

………….. Saya teringat ada sebuah ponsel Nokia berbasis Windows yang tak terpakai di rumah. Tapi, masalahnya hp itu tidak bisa pakai WhatsApp. Sementara, nomor kontak orang yang janjian lihat laptop itu di More »

 

Mengubah Status Facebook Jadi Duit

Dalam pertemuan #ngopiblogger di Pamulang kemarin, Sabtu, 2 April 2016, ada beberapa hal yang saya sampaikan. Itu agar status facebook atau kultwit kita di Twitter, entah itu puisi, cerpen, esai, informasi acara/kegiatan, atau tulisan yang merespon persoalan hangat dalam masyarakat, atau sekedar uneg-uneg, tidak tenggelam begitu saja dan sulit dicari orang di google.




Padahal terkadang posting di status dan kultwit itu penting untuk diketahui orang, sekarang maupun nanti. Apalagi status-status panjang, yang dikerjakan dengan serius sehingga memakai referensi dan catatan kaki. Sayang sekali jika hanya teronggok di Facebook dan twitter, tidak bisa diakses dengan mudah lewat mesin pencari.

Dalam dunia sastra, misalnya, pembaca atau pengamat sastra, akan sulit mencari puisi-puisi atau cerpen yang diposting di Facebook jika postingan itu sudah lama. Kita harus mencarinya secara manual. Betapa repotnya. Sebab, sulit disearch lewat mesin pencari. Lalu, bagaimana solusinya?

Kode Promo Uber

Solusinya, mari ngeblog! Kita bisa bikin blog pribadi, secara gratis maupun berbayar. Tulisan di Facebook atau kultwit tinggal kita copy-pasti ke blog kita masing-masing. Jadi kita membuat kopian status Facebook atau kultwit kita itu di blog. Sehingga mudah dicari lewat google, bisa dishare lagi ke berbagai medium lain, pada gilirannya pembacanya makin banyak dan abadi. Selama blog itu ada, selama itu pula tulisan kita bisa dicari dan dibaca.

Keuntungan lain, dengan sering ngeblog dan banyak orang mengunjungi blog kita atau membaca, kita juga bisa meraih “recehan” dari iklan adsense. Meski itu recehan, tapi jika dikerjakan sungguh-sungguh, hasilnya bisa lumayan. Setidaknya, cukuplah untuk mengganti bayar domain dan hosting blog kita. Dari pada tulisan kita hanya teronggok di Facebook atau twitter dan tidak menghasilkan apa-apa.




Ssst, tapi ada lho bloger yang bisa menghasilkan Rp 1 miliar dari adsense. Tak percaya, coba cari di google dengan kata kunci “Adryan Fitra raih 1 Miliar dari Adsense”. Adryan ini anak muda kelahiran 1985 dan pernah jadi tim kampanye digital Obama dan Jokowi. Tapi, kita tidak perlu menengadah terlalu tinggi. Mari ngeblog untuk asyik-asyik saja dulu. Bahwa nanti ada hasil, anggap saja itu bonus.

Kemarin, saya tidak hanya mengajak ngeblog secara personal, tapi juga menciptakan blog-blog komunitas. Mengapa? Blog yang diisi oleh banyak orang sehingga lebih cepat berkembang. Updating postingannya pasti terjaga. Pasti ada saja yang posting tulisan tiap hari. Lihat misalnya, Kompasiana, blogdetik, indonesiana.tempo, dan lain-lain. Open blog seperti itu luar biasa perkembangannya.

Berangkat dari sana, saya mengajak teman-teman untuk membuat open blog sendiri. Saya sendiri sudah membikin beberapa open blog alias blog komunitas, salah satunya ruangsastra.com.

MUSTAFA ISMAIL, founder infosastra.com dan ruangsastra.com




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *