Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Seorang kawan yang sedang berkuliah program doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memposting sebuah video di Instagram. Isinya: mengabarkan bahwa ia dan sejumlah kawan lain sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. Namanya More »

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Padangpanjang termasuk salah satu kota yang sangat aktif dalam bidang literasi dan seni. Ini memang bisa dipahami, karena di kota itu berdiri sebuah kampus seni, yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Saya More »

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sungguh sulit dipercaya bahwa harga tiket Banda Aceh-Jakarta bisa dua kali lipat dari pada harga tiket Banda Aceh-Kuala Lumpur-Jakarta. Tapi faktanya memang demikian. Akibatnya orang-orang yang sering berpergian di Aceh ramai-ramai membuat More »

Pesta Sastra Akhir Tahun, Banjarbaru dan Bintan

Pesta Sastra Akhir Tahun, Banjarbaru dan Bintan

Ada dua festival sastra yang diadakan pada waktu bersamaan pada akhir November hingga awal Desember 2018. Kegiatan pertama diadakan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dengan nama Banjarbaru Rainy Days Literary Festival. Ini festival More »

Festival Sastra Bengkulu dan Gelora Sastra Bumi Raflesia

Festival Sastra Bengkulu dan Gelora Sastra Bumi Raflesia

>Festival Sastra Bengkulu (FSB) 2018 di Bengkulu 13-15 Juli 2018 telah usai. Acara itu melibatkan sekitar 100 sastrawan dari berbagai daerah di Indonesia dan negara tetangga. Acara yang didukung penuh sekaligus difasilitasi More »

 

Merayaan Identitas dalam Prosesi Mudik

>Ternyata saya pernah menulis beberapa esai tentang mudik. Esai ini mengungkap ada apa di balik mudik dari sudut pandang semiotik.

Setiap Lebaran, masyarakat Indonesia selalu disibukkan dengan mudik. Orang-orang berbondong-bondong meninggalkan kota, terutama Jakarta, untuk pulang ke kampung masing-masing. Penyelenggara negara, mulai dari pusat hingga daerah, semua disibukkan dengan urusan mudik. Persoalan tiap tahun pun sama: jalan rusak, kemacetan, angka kecelakaan, dan kerawanan keamanan. Persoalan-persoalan itu tidak pernah tuntas

Namun, para pemudik tidak pernah peduli pada problem-problem tersebut. Maka itu, angka kecelakaan dari tahun ke tahun terus naik. Pada 2010, angka kecelakaan mudik mencapai 4.744 kasus. Pada 2011, angka kecelakaan menjadi 1.111 kasus. Lalu pada 2012, angka kecelakaan naik menjadi 3.600 kasus. Tahun 2013, hingga H-4 Lebaran jumlah kecelakaan mencapai 911 kasus. Pada 2017 ada 2.441 kecelakaan. Tahun ini belum diketahu.

Itu tidak sekedar angka-angka statistik, tapi menunjukkan betapa mudik begitu kuat menghipnotis masyarakat urban. Buat mereka, inilah saatnya para pekerja urban menarik diri dari rutinitas kota dan kembali ke habitatnya yakni udik. Sebab, dari sanalah mereka datang dan berasal. Di sanalah “kedirian” mereka yang sesungguhnya. Sehingga bagi sebagian orang, tak lengkap berlebaran tanpa mudik.

Dalam konteks ini, mudik tidak lagi cuma bermotif silaturahmi, tapi menjadi sangat simbolik.
Sebab, jika hanya silaturrahmi, sangat memungkinkan dilakukan kapan sana. Jadi yang sebetulnya terjadi adalah perayaan identitas. Ada mitos-mitos yang bermain dikontruksi sedemian rupa dan menyusup di alam bawah sadar masyarakat. Sehingga mudik Lebaran menjadi semacam “ibadah sosial” yang ditunaikan oleh perantau. Mudik sekaligus menjadi panggung untuk “mementaskan” kesuksesan dan keberhasilan mereka sebagai perantau. Inilah salah satu cara untuk menegaskan identitas dan kelas sosial.

Sehingga mudik adalah sebuah karnaval yang mempertunjukkan realitas kebendaan. Jalur mudik adalah arena tempat berlangsungnya pertarungan identitas. Di sana, akan terlihat betul perbedaan kelas, yang direpresentasikan lewat benda-benda tersebut, yang secara kasat mata bisa dilihat. Di sana ada pemudik bermotor sebagai kelas pekerja biasa dan pemudik bermobil sebagai kelas pemudik menengah. Ada pemudik bermobil mewah sebagai warga kelas atas.

Ada pula kelas pekerja bawah dan/atau informal yang mengikuti mudik gratis yang diadakan oleh aneka pihak, swasta, instansi pemerintah, pengusaha hingga politisi. Nah, di sini kembali terjadi pertarungan untuk merebut ruang simpati para pemudik. Dari kacamata biasa, mudik gratis adalah hal biasa saja dan bagian dari upaya pihak tertentu untuk membantu pihak yang membutuhkan. Tapi jika kita amati dengan kacamata semiotika, di sini juga ada pertarungan “kekuasaan” yang bermain. Antara “yang membantu” dan “yang dibantu” berada pada relasi kuasa yang timpang. Pihak “yang membantu” akan makin kuat posisi dan identitasnya. Adapun “yang dibantu” makin tampak tak berdaya.

Sehingga dalam konteks ini yang merayakan identitas adalah “pihak yang membantu”. Apalagi ketika “pihak yang membantu” memang mempunyai kepentingan-kepengingan politiknya sendiri. Sebut saja mudik gratis yang diadakan politisi misalnya. Itu, tidak bisa tidak, cenderung bernuansa politis. Memang mungkin tidak ada ajakan untuk memilih, mendukung dan sejenisnya. Tapi “kebaikan” si politisi tersebut akan dengan mudah menancap dalam bawah sadar pemudik “yang dibantu” itu. Semingga makin mudah bagi politisi untuk merebut simpati mereka.

Jadi dalam prosesi mudik semua pihak seperti berebut ruang demi merayakan identitasnya.

***

Depok, 6 Agustus 2013

#mudik #mudik2018 #mudiklebaran
#idulfitri #idulfitri2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *