Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Dua hari lalu, tepatnya Rabu pagi, perupa Jeffrey Sumampouw mengirim pesan mesanger di aplikasi WhatsApp. Isinya mengajak saya menjadi salah satu narasumber diskusi tentang seni di *Marto Artcentre di Jalan Pondok Labu More »

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI diadakan di Kudus, Jawa Tengah, 28-30 Juni 2019. Kegiatan ini akan diramaikan oleh para penyair Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan lain-lain. Seperti More »

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Seorang kawan yang sedang berkuliah program doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memposting sebuah video di Instagram. Isinya: mengabarkan bahwa ia dan sejumlah kawan lain sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. Namanya More »

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Padangpanjang termasuk salah satu kota yang sangat aktif dalam bidang literasi dan seni. Ini memang bisa dipahami, karena di kota itu berdiri sebuah kampus seni, yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Saya More »

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sebelum Tiba di Jakarta, Selfie Dulu di Malaysia

Sungguh sulit dipercaya bahwa harga tiket Banda Aceh-Jakarta bisa dua kali lipat dari pada harga tiket Banda Aceh-Kuala Lumpur-Jakarta. Tapi faktanya memang demikian. Akibatnya orang-orang yang sering berpergian di Aceh ramai-ramai membuat More »

 

Posting di Instagram dan Twitter Dapat Bayaran, Begini Caranya

Share2Steem menggairahkan Steemit. Kesempatan bagus bagi pengguna Instagram, Twitter dan Youtube untuk menambah pendapatan.

Inovasi terhadap Steemit terus dilakukan oleh para kreatornya, baik kreator konten maupun programmer dan developer. Inovasi itu sedikit banyak mulai menggairahkan kembali para kreator konten yang sebelumnya lempar handuk karena harga uang kripto anjlok. Mereka kembali berkreasi di Steemit melalui tulisan, foto, desain, hingga video.

Sebelum lebih jauh, mari kita berkenalan secara singkat dengan Steemit. Steemit.com adalah platform media sosial (blog) yang mengusung teknologi blockchain. Steemit membayar para konten kreator dengan uang kripto bernama Steem dan Steem Dollar. Nah, kedua mata uang kripto Steemit itu bisa ditukarkan ke dolar AS dan rupiah. Jadi Steemit benar-benar membayar para blogernya. Saya sudah beberapa kali mencairkan bayaran dari Steemit.

Berapa bayarannya? Itu ditentukan oleh dua hal. Pertama, jumlah orang yang memberi vote (like). Kedua, kekuatan steem atau steem power orang yang memberi vote itu. Makin besar nilai steem power yang memberi vote makin tinggi nilai vote. Maka makin besar pula potensi pendapatan seorang kreator konten atau bloger Steemit.

Para kreator konten di Steemit tidak hanya menulis, tapi juga membuat video, foto, dan sebagainya. Para programmer dan developer pun terus membuat inovasi agar Steemit menjadi tempat yang asyik. Salah satunya menghubungkan platform lain ke Steemit.

Sebelumnya, kreator pemrogramer membuat aplikasi Steempress yang menghubungkan blog berbasis wordpress dengan Steemit. Jadi bloger yang menulis di blog (domain berbayar) wordpres tulisannya langsung muncul di Steemit. Lalu Steempress akan memberi vote (like) senilai minimal sekitar 0,40 SBD (kira-kira 0.30 dolar AS). Ini baru vote dari Steempress, belum tambahan vote dari para bloger Steemit lainnya.

Inovasi tak berhenti di sana. Kreator aplikasi lainnya menyambungkan Instagram, Twitter dan Youtube dengan Steemit. Mereka membuat aplikasi #share2steem @share2steem. Jadi, begitu kita posting sebuah foto atau konten tertentu di Instagram atau Twitter atau Youtube akan otomatis muncul di blog Steemit kita. Lalu nanti akun @share2steem akan memberi vote (like) sejumlah tertentu pada konten tersebut.

Nilainya memang kecil, tapi lumayanlah dari pada konten kita (foto, narasi, video, dsb) tak dibayar di IG atau Twitter. Ini tentu kesempatan bagus bagi para pengguna Twitter dan Instagram untuk mendapatkan pendapatan. Tentu, pengguna Instagram dan Twitter harus membuat akun Steemit terdahulu. Caranya pun mudah, klik di sini: Share2Steem dan ikuti prosesnya.

Catatan: harap diingat pasword Steemit itu sangat panjang dan tidak mungkin dihafal. Karena itu, harap pasword Steemit dicopas dan disimpan di tempat yang paling aman, jangan sampai hilang. Saya sendiri menyimpan pasword itu di note dan email. Untuk di note telepon genggam atau laptop, tentu Anda harus menyamarkan agar tidak mudah ditemukan orang lain.

Ada yang kesulitan? Silakan bertanya di kolom komentar.

DEPOK, 17 Januari 2019
MUSTAFA ISMAIL

TULISAN TERKAIT:
Dari Instagram ke Steemit
Agar Judul Posting Steemit Lewat #Share2Steem di Instagram Tak Perlu Diedit
Lagi, Soal Judul Posting Lewat #Share2Steem
Panduan Singkat Bikin Akun Steemit
Tutorial: Cara Mencairkan SBD dan STEEM ke Rupiah
Dolar Gratis dari Byteball Bisa Segera Dicairkan, Begini Caranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *