Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Rancangan Cover Puisi Asap

Puisi-puisi tentang asap terus mengalir ke email saya: puisiliar@gmail.com. Mereka, antara lain Beni Setia, Isbedy Stiawan Z S Fikar W. Eda, @Ahmad Sekhu, Sulaiman Juned Said Oesy, Suryadarma Isman, Weni Suryandari, Abdul Razak Pulo, Mustiar Ar, Muhammad Subhan, Heri Mulyadi, Sadri Ondang Jaya, Mahdi Idris, Pimen D Aryjona, Pilo Poly, Aditya Muara, dan lain-lain. Terima kasih kawan-kawan atas kirimannya.
Berikut ini adalah dua rancangan cover untuk buku itu. Silakan teman-teman memilih dalam bentuk like atau memberi komentar. Jika di antara dua cover itu belum ada yang cocok, tolong sebutkan gagasan untuk cover yang menurut kawan-kawan menarik. Atau bisa pula jika di antara teman-teman ada yang tertarik bikin alternatif cover — nanti akan kita sandingkan dan pilih sama-sama.
Terakhir, bagi teman-teman yang tertarik atau punya kepedulian terhadap isu asap dan kebakaran hutan ini masih ada waktu hingga tanggal 10 November 2015 untuk mengirimkan puisinya. Mengapa gagasan ini penting? Lihat status saya sebelumnya atau bisa membaca di blog saya: musismail.com. Ini adalah gotong royong untuk merespon dan menyikapi tragedi asap di beberapa wilayah di Indonesia akibat kebakaran hutan.
Sangat dianjurkan mengirim lebih dari satu puisi. Agar tim kurator nanti bisa memilih puisi-puisi yang terbaik dari kawan-kawan. Kita harapkan puisi itu dapat terbit — dalam bentuk ebook maupun buku — pada awal Desember 2015. Semoga langkah kecil ini ada manfaatnya.
Terima kasih atas kebersamaan yang hangat ini. Salam sastra selalu. [MI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *