Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Steempress, Cheetah dan Lain-Lain

Bagi bloger yang juga pengguna Steemit, kehadiran Steempress sangat membantu. Sebab, Steempress akan memberi kurasi pada tulisan yang diposting di blog lalu juga muncul di akun Steemit.

Nilai kurasi (upvote) yang diberikan beda-beda. Untuk ini silakan baca posting mereka di akun Steemit @steempress-io. Mereka menjelaskan kriteria kurasi dalam tulisan berjudul SteemPress ready to curate Steem-powered WordPress blogs with 1 million Steem Power.

Sebelum lebih jauh, mungkin ada yang bertanya: apa itu Steempress. Ini adalah plugin yang diciptakan Martin Lees bagi bloger pengguna platform wordpress. Plugin ini menghubungkan antara blog platform wordpress dengan Steemit. Saya mempunyai blog musismail.com berbasia wordpress, di lain pihak saya punya akun Steemit @musismail. Nah, dengan plugin Steempress maka saya cukup menulis di blog musismail, lalu tulisan itu juga muncul di akun Steemit saya.

Tetapi boleh juga kita tidak menayangkannya di Steemit. Caranya hilangkan centang “Publish to Steem”. Sehingga tulisan kita hanya muncul di blog. Namun jika centang itu tetap ada, ya tulisan kita akan muncul di Steemit. Nah, celakanya, jika di blog wordpress tulisan yang terlanjur diposting bisa dihapus, tapi jika di Steemit tidak bisa dihapus. Kita hanya bisa mengedit tulisan kita, itu pun hanya dalam rentang tujuh hari. Lewat tujuh hari tulisam sudah tidak bisa diapa-apain lagi.

Namun yang ingin saya bahas di sini bukan itu. Ada hal yang tak sejalan antara Steempress dengan Steemit. Boleh jadi ini kelemahan yang harus diperbaiki oleh @steempress.io. Apa itu? Kita bisa memposting tulisan lama-lama kita di blog wordpress ke Steemit. Jika kita buka list tulisan (posting), semua tulisan mempunyai opsi “Publish to Steem”. Nah, ini berbahaya. Jika kita tak sengaja menekannya — atau mungkin coba-coba — robot @cheetah akan segera mampir mengingatkan kita ada tulisan sama di blog kita. Jika itu terjadi, kemungkinan Steempress pun akan mempertimbangkan ulang memberi kurasi pada tulisan tulisan/konten kita.

Ini tentu saja jadi masalah. Kadang, ada saja yang iseng coba-coba atau tak sengaja. Maka itu, saya kira persoalan ini harus dipecahkan oleh #Steempress. Salah satunya caranya menutup akses “Publish to Steem” bagi tulisan-tulisan lama. Dengan kata lain, hanya tulisan baru yang bisa dipublish ke akun Steemit. Jadi sebelum kita publish kita harus mempertimbangkan matang-matang: apqkqh konten itu mau dipublish di Steemit atau tidak. Jadi, kesempatan untuk mempublish di akun Steemit hanya pada kesempatan pertama tulisan itu dibuat dan diposting di blog. Jika sudah muncul di blog wordpress duluan, sudah tak bisa lagi dipublish di Steemit.

Semoga pembuat atau developer @steempress-io membaca tulisan saya ini. Bisa bahasa Indonesia kan mas @Steempresa-io.

Serpong-Bandara Sukarno-Hatta,
8 Juli 2018 pukul 05.06-05.47
MUSTAFA ISMAIL
musismail.com
@musismail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *