Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

Wajah Baru, Blog Lama: Merawat Semangat Menulis

>>>Sukses sebagai bloger itu tidak ditentukan oleh platform apa yang digunakan, tapi kualitas konten, konsistensi dan promosi. Makin populer sebuah blog, makin banyak iklan dan tawaran berdatangan. Tak terasa blog saya, musismail.com, More »

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Ajakan Bikin Puisi tentang Pahlawan

Saya punya ide bikin kumpulan puisi tentang pahlawan. Pahlawan dalam arti sangat luas, bukan hanya tentang mereka yang berperang. Sebab pahlawan bisa siapa saja. Bisa ibu kita. Ayah kita. Guru. Tukang sapu More »

Puisi Perahu

Puisi Perahu

KLIPING | SUMBER: Koran Tempo, 11 Agustus 2009. Hujan belum sepenuhnya berhenti ketika puluhan sastrawan satu persatu meninggalkan kafe. Mereka melangkah ke dermaga kecil yang terbuat dari kayu yang menyatu dengan cafe More »

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo Makassar Pamit dan Beralih ke Digital

Koran Tempo edisi Makassar atau dikenal dengan Koran Tempo Makassar (KTM) tidak lagi terbit dalam versi cetak. “Mulai edisi 2 Mei 2016 kami hanya menerbitkan koran digital. Inilah edisi penghabisan di platform More »

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

Mustafa Ismail: Orang Muda Aceh Harus Bangga dengan Bahasa Ibunya

SUMBER: ACEHTREND.CO, 8 DESEMBER 2015. ACEHTREND.CO, Aceh — Target Kongres Peradaban Aceh (KPA) adalah agar anak-anak muda Aceh kembali bangga dengan bahasa-bahasa yang ada di Aceh. “Kita tidak boleh malu dengan bahasa More »

 

Uber, Gojek, dan lain-lain

Pemda DKI Jakarta itu seperti punya standar ganda: sepeda motor yang dilarang jadi angkutan umum dibiarkan. Sebaliknya, mobil-mobil rental yang dijadikan “taksi” berbasis aplikasi semisal Uber dilarang. Buat saya sebagai konsumsen, keduanya penting dan tidak perlu dilarang.Saya sering naik ojek berbasis aplikasi, juga sering naik mobil “sewaan” berbasis aplikasi.

Menolak salah satu atau kedua-duanya menunjukkan kita tidak siap dengan perubahan dan “zaman baru”. Harusnya kita cepat menyesuaikan dengan perubahan, bukan terjebak dalam “masa lalu”. Begitu pula aturan: juga harus selalu dievaluasi dan berubah sesuai zaman. Kita tidak bisa hidup di jaman sekarang dengan aturan yang “kadaluarsa” secara kontekstual.
Soal pajak, apa mobil dan perusahaan-perusahaan rental itu tidak bayar pajak? Mereka jelas bayar pajak. Apalagi, sebenarnya, yang jual jasa itu perusahaan rental, bukan Uber. Uber hanya menyediakan sistem dan aplikasi. Uber juga tdak menarik fee dari perusahaan rental. Justru Uber — menurut obrolan saya dengan banyak driver Uber dan pengelola rental — mensubsidi rental/driver mobil-mobil rental itu.

Atau ada unsur persaingan bisnis di balik pelarangan itu? Jika iya, itu menunjukkan pengelola bisnis transportasi yang merasa tersaingi juga tidak siap berkompetisi dengan perubahan. Mereka merasa nyaman dengan persaingan dan perubahan. Sebagai konsumen, saya lebih memilih layanan yang baik, nyaman, dan terjangkau.
Saya yakin layanan yang mahal — apalagi tidak nyaman — akan segera ditinggalkan konsumen. Teknologi memudahkan manusia dan menciptakan ragam layanan yang nyaman namun biayanya terjangkau. Usaha yang tidak siap bersaing, siap-siaplah menjadi fosil dan “masa lalu”. Karena itu, ayo bangun dan berubah, Jangan terlalu lama tidur. Selamat sore…..

Kode Promo Uber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *