Penulis Sastra Mendadak Lucu di Malam Sastra Margonda

Penulis Sastra Mendadak Lucu di Malam Sastra Margonda

Bertajuk “Dongeng Tentang Kita”, Malam Sastra Margonda (MSM) yang diadakan oleh Komunitas Sastra Margonda untuk memperingati Hari Dongeng Sedunia yang jatuh pada 20 Maret 2020. Malam Sastra Margoda diadakan di Miebiee Pasta, More »

Merayakan Dongeng

Merayakan Dongeng

Merayakan Hari Dongeng Sedunia Ayo kita bertemu dan ngopi di #malamsastramargonda Sabtu, 14 Maret 2010 Pukul 19.00-22.30 di @miebiipasta_ Jalan Merpati 6 No 237 Pancoran Mas Depok More »

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda: Hujan Cinta Februari

Malam Sastra Margonda digagas oleh Mustafa Ismail, Tora Kundera dan Willy Ana. Acara ini diharapkan menjadi ruang bagi para pecinta seni dan sastra di Depok, terutama anak muda, untuk berekspresi sekaligus mengapresiasi More »

Merayakan Hujan dan Puisi

Merayakan Hujan dan Puisi

Hujan dan Puisi seperti Sapardi dan Bulan Juni. Mereka mengajak kita dalam bait-bait yang membungahkan hati. Nah, menyambut Februri, kita merayakan hujan dan puisi, sambil membaca puisi-puisi cinta karya sendiri, karya siapa More »

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

………….. Saya teringat ada sebuah ponsel Nokia berbasis Windows yang tak terpakai di rumah. Tapi, masalahnya hp itu tidak bisa pakai WhatsApp. Sementara, nomor kontak orang yang janjian lihat laptop itu di More »

 

Puisi Gelap Politik

Kita sering lupa adigium politik: tidak ada kawan atau musuh abadi, yang ada adalah kepentingan abadi. Jika sejak awal kita sadar barangkali kita tidak akan terlalu uring-uringan ketika tokoh idola kita berbalik haluan, yang tadi berseberangan tapi kemudian berangkulan, yang tadi saling serang tapi kemudian saling berbagi “kasih sayang”. Ini lumrah saja dan tak istimewa.

Maka itu, tidak perlu “cinta buta” pada tokoh idola. Tidak perlu membabi-buta membela sang pujaan. Tak perlu membabi-buta membenci seseorang. Hadapi politik sebagai sebuah permainan ketangkasan — sesekali mungkin komedikal agar punya ruang bagi kita tersenyum bahkan tertawa. Dengan begitu kita akan selalu plong menghadapi segala kemungkinan dan tak patah hati ketika fakta politik tak sesuai harapan.

Politik adalah ruang untuk berneosiasi, yang terkadang melampaui realitas (hyperialitas, kata ahli semiotika) dan tak terbayangkan. Sesuatu yang tadinya cuma bisa kita temukan di dunia fiksi pada saat lain bisa kita temukan dalam dunia nyata. Merujuk ilmu semiotika, politik adalah dunia tanda — yang tidak bisa dibaca secara verbal dan kasat mata. Politik memproduksi simbol-simbol yang harus didalami dengan saksama. Ia seperti puisi yang gelap.

MI 13102019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *