Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

Lanjutan Kisah Hansaplast, Gunting dan Lain-lain

………….. Saya teringat ada sebuah ponsel Nokia berbasis Windows yang tak terpakai di rumah. Tapi, masalahnya hp itu tidak bisa pakai WhatsApp. Sementara, nomor kontak orang yang janjian lihat laptop itu di More »

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Hoax Merajelala, Seniman di Mana?

Dua hari lalu, tepatnya Rabu pagi, perupa Jeffrey Sumampouw mengirim pesan mesanger di aplikasi WhatsApp. Isinya mengajak saya menjadi salah satu narasumber diskusi tentang seni di *Marto Artcentre di Jalan Pondok Labu More »

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Jangan Lupa Kirim Puisi untuk PPN Kudus

Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI diadakan di Kudus, Jawa Tengah, 28-30 Juni 2019. Kegiatan ini akan diramaikan oleh para penyair Indonesia dan negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan lain-lain. Seperti More »

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Tiket Pesawat Mahal dan Kreativitas Khas Indonesia

Seorang kawan yang sedang berkuliah program doktor di Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta memposting sebuah video di Instagram. Isinya: mengabarkan bahwa ia dan sejumlah kawan lain sedang berada di Bandara Soekarno-Hatta. Namanya More »

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Lomba Baca Puisi Festival Literasi Padangpanjang

Padangpanjang termasuk salah satu kota yang sangat aktif dalam bidang literasi dan seni. Ini memang bisa dipahami, karena di kota itu berdiri sebuah kampus seni, yakni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Saya More »

 

Sungguh Berat Mengantar Laptop Apple MacBook ke Pemilik Baru

Sungguh, terkadang kita tidak bisa menduga perpisahan kapan datangnya. Bukan hanya perpisahan dengan kawan, sahabat, keluarga, dan orang-orang terkasih, juga perpisahan dengan barang kesayangan kita. Seperti kali ini, saya akan mengantarkan laptop saya, merek Apple alias MacBook untuk menemui pemilik barunya. Andakah?

Saya jual cepat, karena saya perlu uang dan sekaligus ingin mengganti laptop lain yang speknya lebih tinggi sedikit. Sebenarnya MacBook ini dari sisi spesifikasi tak kurang untuk saya, plus penampilannya yang masih cukup keren dan enak dipandang. Apple memang tidak sering mengubah-ubah model produknya. Sehingga sangat sulit bagi kita menebak-nebak sebuah MacBook keluaran tahun berapa. Variannya juga tak banyak. Hanya prosesor yang terus diupdate.

Tapi untuk keperluan desain sederhana, menulis, ngeblog, edit foto, edit video untuk YouTube — bukan untuk mengedit film bioskop — prosesor core 2 duo cukup. Anak saya bikin animasi, motion, poster, dll untuk tugas kuliahnya pakai MacBook core 2 duo.

Jadi, meski MacBook saya ini tahun lama (late 2008), namun tampilannya sangat keren dan performanya mantap, tap, tap, haha…

Berikut spesifikasi teknisnya:
– Prosesor Core 2 Duo
– RAM 4 GB (mantap diajak kerja berat misal desain)
– Harddisk 160 GB
– CD-ROM Oke
– USB Oke
– Mouse Oke
– Batere normal (sekitar 2 jam)
– OS El Capitan
– Microsoft Office (Word, Exel, dll)
– Aplikasi Desain (Adobe Photoshop, Illustrator, Indesign, Premier, dll)
– Wifi internal off (Pakai WiFi Eksternal – lancar jaya)
– Kondisi fisik cakep – lihat foto.

Kelengkapan:
– MacBook
– Magsave (Charger)
– Softcase universal

Mau dijual berapa? Sabar bos. Baca dulu sampai selesai Harga tak masalah, bisa dinegosiasikan. Terpenting pastikan dulu Anda memerlukan sebuah laptop yang tampilannya “wah” dan performanya mantap. Satu lagi: product Apple jarang kena virus. Perlakuannya juga sangat mudah.

Tapi, saya dengar onderdil dan asesorisnya mahal, benarkah? Benar sekali. Tapi sejak saya pakai laptop Apple, saya tidak pernah ganti onderdil dan service. Hanya sekali laptop saya bawa ke toko service Apple karena tidak ngecas. “Kalau ke …. (ia menyebut nama outlet service resmi Apple) bisa Rp 200.000,” ujarnya

Namun berapa kagetnya saya setelah laptop itu dibenerin sama mas-mas service langganan di Suncom Computer, Detos, Depok. “Berapa biayanya mas?” Saya bertanya ragu-ragu. Jangan-jangan bisa beratus-ratus ribu. Ia berucap: “Bawa saja pak.”
“Maksudnya bagaimana mas?”
“Bawa saja, gak perlu bayar.”
“Bagaimana ceritanya?”
“Saya hanya membersihkan ujung charger dan lubang colokan pakai minyak kayu putih,” ujarnya.
Tapi, sebagai orang Indonesia yang baik dan benar serta berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945, saya tentu tidak langsung lenggang kangkung dan teramat gembira dengan layanan gratis itu. Saya tetap memberinya sedikit uang rokok.

Sesungguhnya tidak sulit untuk merawat MacBook. Situs Apple (apple.com) menyediakan begitu banyak tulisan berisi teknik dan tip merawat laptop buatan Apple. Dan itu biasanya bisa dilakukan dengan mudah oleh kita sendiri, tanpa harus ke tukang service. Bahkan belakangan untuk install OS Mac saya melakukan sendiri, setelah banyak membaca dan memberanikan diri mengoptek-oprek, hingga mambongkar Mac untuk mengganti baterai hingga memori RAM. Alhamdulillah, saya sudah bisa, meski belum begitu mahir.

MacBook yang saya jual ini, ketika saya beli beberapa waktu lalu, kondisinya berat — padahal RAM cukup besar. Saya sempat bilang kepada penjual (seorang mahasiswa jurusan pendidikan Agama Islam dan pemuda yang relegius), ‘Harusnya kalau MacBook sudah berat banget perlu diinstall ulang agar kembali fresh seperti baru.” Memang untuk install Macbook lumayan tinggi biayanya, berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 350.000. Jadi saya paham jika ia tidak melakukannya. Padahal, jika kita orang yang penasaran, kita bisa melakukannya sendiri. Meskipun, soal belajar install Macbook ini pernah membuat saya pucat. Tapi lain kali saja saya kisahkan. Tolong teman-teman baik yang tahu soal ini jangan dibocorkan dulu di komentar ya, haha…

Baiklah, kembali ke pokok soal. Jika Anda tertarik dengan laptop ini, silakan mengontak saya di 085289994003 untuk janjian melihat. Mohon tidak menawar sebelum lihat barang. Jangan beli kucing dalam karung. Lihat barang, cek sepuasnya, kalau suka dan cocok barangnya baru nego di tempat. Lokasi COD menyesuaikan, diutamakan seputar Tangerang Selatan, Depok dan selatan Jakarta. Saya buka harga Rp 3.999.000 (Tiga juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu rupiah). Tapi negonya tipis saja ya.

DEPOK, 16 Maret 2019
MUSTAFA ISMAIL | IG: MOESISMAIL | @MUSISMAIL | 085289994003

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *